Seminar Literasi Digital di SMK Kesehatan Surya Global Cimahi – [Cloned #2788]

Relawan TIK Kota Cimahi melakukan kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan berlangsung di SMK Kesehatan Surya Global Cimahi pada Selasa, 30 Januari 2024 dengan audien 250 siswa/siswi.

LATAR BELAKANG

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari hasil belajar yang diakui SMP/MTs dan sederajat. Sebagai salah satu pendidikan formal yang sistem pembelajarannya didominasi praktik, SMK memiliki peran untuk para generasi muda Indonesia dalam mewujudkan lulusan yang siap memasuki dunia usaha dan industri (DU/DI). Oleh sebab itu, sudah semestinya SMK hadir ditengah DU/DI maupun masyarakat dan ikut serta mengikuti perkembangan yang ada.

Saat ini, masyarakat terutama kaum muda telah terbiasa dengan perangkat digital, ditambah dengan kondisi pandemi yang mengharuskan berbagai kegiatan dilakukan secara daring  membuat masyarakat semakin akrab dengan teknologi digital, termasuk didalamnya siswa-siswi SMK. Dengan gencarnya perkembangan digital saat ini, maka SMK perlu untuk turut ikut serta menjadi bagian dari perkembangan teknologi digital.

Gerakan Nasional Literasi Digital merupakan program yang digagas oleh kementerian komunikasi dan informatika dengan tujuan untuk menciptakan ruang digital yang seru, namun tetap aman, beretika, dan produktif. Dengan 4 (empat) pilar literasi digital, yaitu; (1) Budaya Bermedia Digital; (2) Aman Bermedia Digital; (3) Etis Bermedia Digital; dan (4) Cakap Bermedia Digital, melalui Gerakan Nasional Literasi Digital diharapkan masyarakat dapat menggunakan teknologi digital dengan tetap berpegang teguh pada budaya dan etika, serta dengan cakap dan tetap memperhatikan keamanan pribadi.

Relawan TIK Kota Cimahi sebagai bagian dari Relawan TIK Indonesia keseluruhan, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk ikut serta dalam perkembangan teknologi digital. Melalui kerja sama antara Gerakan Nasional Literasi Digital dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 4 (empat) pilar literasi akan dapat tersebar secara lebih luas dan lebih banyak siswa-siswi SMK yang dapat menerapkan hal tersebut.

NARASUMBER

  1. Rahmat A.F, perwakilan dari FURTIK
  2. Regina Y.S.P.A, perwakilan dari RTIK Kota Cimahi
  3. Irsan Maulana, Perwakilan dari RTIK Provinsi Jawa Barat

Kegiatan Literasi Digital dibutuhkan sebagai bahan pembelajaran tambahan untuk menyeimbangkan kehidupan masyarakat di Dunia Digital. Dengan adanya Literasi Digital dapat membantu pelajar untuk memahami apa itu Literasi Digital, meningkatnya partisipasi pelajar dalam pemanfaatan teknologi secara baik dan produktif dan meningkatnya pembelajaran dari dalam rangka peningkatan kapasitas secara umum.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Our Events

Our Last Events

Selamat datang di website kami, ada yang bisa kami bantu ?